Thursday, May 14, 2015

Memperbaiki Sublime apostrophe key (tanda petik satu) tidak normal

Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti judul diatas? Mungkin yang tidak suka mengotak-atik laptopnya kejadian seperti ini tidak akan mungkin dihadapi. Tapi saya pernah. :D

Ini berawal ketika saya mencoba layout Keyboard Dvorak. Jadi saya hapus layout keyboard aslinya (QWERTY) dan hanya ada layout keyboard Dvorak saat itu. Apa jadinya?

Saya stuck. Saat itu cukup banyak job yang harus dikerjakan. Bisa dibilang itu cukup frustating tapi yah mau bagaimana lagi. Eh lah ko curhat :v. Maaf.

Oke to the point. Bagi kamu yang pakai Editor Sublime tentu familiar dengan fitur auto close apostrophe-nya. Jadi kalau kita tekan tombol apostrophe/single qoute (tanda petik satu ') cursor akan berada ditengah antara quote pembuka dan penutup. Ini cukup amazing. Apalagi bagi yang suka ngetik dengan kecepatan maksimum kayak saya :v.

Jika fitur ini tidak sesuai harapan atau tidak ada pada sublime kamu. Masalah yang mungkin menyebabkan adalah tipe layout keyboardnya. Untuk sublime tipe layout yang didukung adalah US English tanpa ada embel-embel internasionalnya.

Untuk pindah layout keyboard pada Windows 7 cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol Windows (yang sebelah tombol alt itu)
  2. Ketik 'Region and Language' kemudian Enter
  3. Pindah ke tab 'Keyboard and Language'
  4. Change Keyboard
  5. Kemudian Add layout Keyboard US dan jadikan default
  6. Selesai
Itu saja post kali ini. Semoga bermanfaat. :D
Jika ingin lebih jelas silahkan kunjungi referensi nya :v ( http://superuser.com/questions/346142/my-windows-keyboard-is-being-clever-with-the-quote-keys-how-can-i-stop-it )
Linknya panjang kan ? Itu karena doi bingung mau gimana nanyanya, untung yang jawab pada paham masalahnya. :D Semangat vrooh :v

No comments :

Post a Comment

ada pertanyaan?