Monday, August 19, 2013

Tutorial Belajar PHP untuk Pemula

Tutorial Belajar PHP untuk Pemula merupakan kata kunci yang banyak digunakan oleh orang yang ingin mulai belajar PHP. Dan biasanya akan tersedia banyak sekali hasil pencarian yang cukup relevan.

Dan sebenarnya mudah saya jika kita ingin belajar PHP. Yaitu kita harus N-I-A-T. Memang semua hal yang tidak memiliki niat tak akan berhasil. Percaya deh.

Kemudian jika sudah niat, kita juga tidak boleh mudah menyerah. Kenapa? Ya kalo menyerah sebelum atau pada saat belajar, nanti ga ada hasilnya donk? Iya ga?

Yo saya hanya menyampaikan apa yang dulu saya rasakan. Saya belajar tentang PHP dan bisa sampai memahaminya (meski belum 100%) butuh waktu sampai dua tahun. Kenapa butuh selama itu?

Karena saya belajar sendiri (otodidak). Sumbernya banyak sekali, ada perpustakaan kota yang menyediakan buku-buku bertemakan PHP dan HTML pada saat itu (bahkan sekarang) masih bisa digunakan sebagai referensi, saya juga mencari ebook-ebook yang bertebaran di internet dan mendownload-nya untuk dibaca dirumah. Saya mendapatkan begitu banyak informasi tentang apa yang harus dipelajari sampai-sampai saya merasa over-informasi dan akhirnya menjadi bosan.

Sebagai pelarian, saya beralih bermain game online daripada harus belajar tentang itu lagi selama beberapa periode. Dan setelah beberapa bulan tidak berhubungan dengan skrip-skrip itu lagi saya merasa bisa memahami apa yang sudah saya pelajari sebelumnya. Disini saya sadar bahwa 'rasa jenuh' itu memang wajar. Dalam hal apapun akan terjadi titik jenuh yang membuat kita down. Kita tidak perlu memaksakan diri jika memang sudah merasa jenuh, kita bisa sedikit meluangkan waktu untuk melakukan hal lain yang lebih menyenangkan. Percayalah, ilmu yang sudah dipelajari tidak akan hilang begitu saja.

Kembali lagi ke Topik, apa yang harus Anda yakini sebelum mulai belajar PHP?

  1. Yakinlah bahwa PHP itu sulit!
    Ini keyakinan yang harus Anda miliki. Dalam berbagai artikel, banyak yang memberi saran agar dalam mempelajari apapun, kita harus punya mindset bahwa apa yang kita pelajari itu mudah. Menurut saya, mindset seperti itu tidak benar. Hal ini dikarenakan kita cenderung meremehkan apa yang kita anggap mudah. Dan bila kita sudah meremehkan, kita cenderung menjadi malas mempelajarinya.
  2.  Berlatihlah setiap ada kesempatan!
    Anda harus bisa menyediakan waktu untuk berlatih. Karena hanya dengan latihan apa yang sudah kita pelajari bisa meresap ke pikiran secara otomatis dan lebih permanen. Ini juga bisa membuat kita terbiasa nantinya jika sudah mendapat suatu job nyata.
  3. Jangan terlalu banyak referensi!
    Seperti yang saya kemukakan diatas, saya belajar dengan menggunakan begitu banyak referensi yang hampir semua materinya sama. Tentu saja ini membuang waktu. Kita hanya perlu mempelajari dasar-dasar dari PHP ini dan melakukan beberapa variasi contohnya.
  4. Jenuh itu wajar!
    Jangan memaksakan diri jika otak Anda sudah tidak bisa lagi memikirkan tentang PHP. Anda harus break untuk beberapa waktu, beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Tinggalkan dulu PHP, dan cobalah melakukan hal lain yang lebih menyenangkan. Nantinya, akan merasakan kangen lagi pada PHP dan ingin segera menggelutinya lagi.
Saya rasa cukup untuk post kali ini, kita lanjut pada kesempatan selanjutnya (jika saya masih niat menulis).

1 comment :

ada pertanyaan?